.quickedit{ display:none; }


"MOHON MAAF SAAT INI KAMI SEDANG TIDAK MENERIMA PEMESANAN, DIKARENAKAN KETUA PENGURUS KAMI SEDANG SAKIT"

Jumat, 28 Januari 2011

Sekilas Mengenai Ikan Gurame

Ikan Gurame (Osphronemus gourame) adalah ikan asli Indonesia dan ikan endemis di Pulau Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Tetapi karena sangat digemari masyarakat, maka ikan ini menyebar ke seluruh penjuru tanah air. Bahkan sejak beratus tahun lalu, ikan gurami sudah dicoba untuk dikembangbiakan di negara lain, diantaranya Madagaskar, Mauritius, Sycheles, Australia, Srilangka, Suriname dan Haiti.


Secara alami, gurame hidup di air tawar di perairan yang tenang, seperti rawa, situ, danau dan perairan tenang lainnya. Sedangkan di sungai yang berarus deras, gurame jarang ditemui. Itu sebabnya gurame sangat mudah dipelihara di kolam-kolam tergenang. Ikan ini mempunyai daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan, tetapi lebih cocok hidup pada ketinggian maksimal 800 m di atas permukaan laut. Suhu ideal untuk pertumbuhan gurame antara 24 – 29 0C, derajat keasaman (pH) antara 6,5 – 8, kandungan oksigen terlarut 3 – 5 ppm, dan air yang tidak terlalu keruh.

Kami kelompok budidaya ikan "Kenanga Baru" membantu menyediakan bibit ikan gurame mulai dari telur sampai dengan berbagai ukuran dengan harga sangat bersaing. Di bawah ini beberapa ukuran yang tersedia :
- untuk ukuran kuku = Rp. 160 /ekor
- untuk ukuran telur/larva, jempol, silet, atau korek harganya di nego.


Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi kami di nomor sbb :
* Bpk. Sukma Wahyudhi :081222114455
* Bpk. Radi                     :081324908650


Atau apabila anda berdomisili di wilayah Cirebon, bisa juga langsung mengunjungi empang kami di alamat sebagai berikut :
Jln Dr. Setiabudi No. 282 RT.10/03 Palimanan - Cirebon.


Read More..  

Sabtu, 15 Januari 2011

Tips Memilih Benih Lele

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih benih lele yang baik? Tentunya kita meski tahu kriteria benih lele yang baik.

Pertama, ikan sehat. Pergerakan ikan aktif, nafsu makan bagus, tidak bergerombol, dan tidak menggantung di tepi kolam. Sungut/kumis dan ekor ikan normal. Bentuk tubuh dari kepala sampai ekor proporsional. Kulit ikan tampak cerah dan mengkilat.

Kedua, ukuran benih seragam. Misalnya, jika kita menghendaki ukuran benih 5 cm maka sebaiknya toleransi benih ukuran 4 cm dan 6 cm masing-masing tidak lebih dari 10 % populasi.

Ketiga, riwayat induk/keturunan. Berasal dari induk yang unggul. Bukan hasil pemijahan (perkawinan) dengan tingkat kekerabatan yang dekat (inbreeding).


Keempat, riwayat penyakit. Ikan pernah sakit atau tidak? Jika benih lele pernah sakit tanyakan bagaimana kronologis dan cara penanganannya. Apakah menggunakan antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau bahkan perlakuan teknis saja. Tidak disarankan menggunakan antibiotik dengan dosis berlebihan karena penyakit/bakteri akan bersifat kebal sehingga memerlukan dosis yang lebih tinggi.


Read More..  

Rabu, 12 Januari 2011

Cara Sukses Bisnis Budidaya Lele

Jenis ikan lele memang memiliki banyak penggemar, karena jenis ikan tersebut memiliki daging yang gurih, serta tidak memiliki banyak duri. Selain itu lele juga memiliki harga yang murah, sehingga ikan lele dapat dinikmati oleh semua kalangan. Besarnya minat pasar akan lele sering dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis yang menggiurkan.

Dari mulai bisnis kuliner lele yang beraneka macam hingga bisnis budidaya lele yang menguntungkan, mampu memberikan untung yang cukup besar. Ikan lele termasuk salah satu ikan yang budidayanya cukup mudah dan pertumbuhannya sangat cepat. Sehingga banyak para pelaku bisnis yang memilih lele untuk dibudidayakan.


Langkah sukses budidaya lele

Dalam proses budidaya lele, langkah – langkah yang dilakukan yaitu sebagai berikut :
1. Proses Pemijahan

Proses pemijahan untuk mengawinkan lele jantan dan lele betina tidaklah sulit. Pemijahan yaitu proses mempertemukan induk jantan dan betina untuk mengeluarkan sel telur dan sel sperma. Proses ini biasanya dilakukan pada kolam – kolam khusus pemijahan, dengan mencampurkan lele jantan dan lele betina yang sudah memenuhi syarat tertentu.

Syarat indukan jantan :
Kepala induk jantan lebih kecil dari betinanya, serta tulang kepalanya gepeng
Warna kulit dada induk jantan lebih tua dibandingkan yang betina, serta kulitnya lebih halus daripada betina
Kelamin jantan menonjol, memanjang ke arah belakang dibelakang anus dengan warna kemerahan
Perut indukan jantan lebih langsing dan kenyal dibanding induk betina
Gerakan lele jantan lebih lincah dibandingkan yang betina

Syarat indukan betina :
Kepalanya lebih besar dibandingkan induk betina
Warna klit dada lele betina lebih terang dibandingkan yang jantan
Kelamin induk betina berbentuk oval dan berwarna kemerahan, lubangnya lebar dan letaknya di belakang anus. Biasanya sel telur yang telah matang berwarna kunin. Untuk induk betina biasanya geraknya tidak selincah induk jantan, Perutnya lebih gembung dari induk jantan

Selama proses pemijahan indukan lele diberi makanan yang memiliki kadar protein cukup tinggi. Setelah diberikan protein yang cukup tinggi, induk betina  siap untuk dibuahi. Sel telur yang telah dibuahi akan menetas menjadi anakan lele setelah 24 jam. Setelah berumur satu minggu pisahkan hasil anakan dengan induk betina, sedangkan untuk pemindahan anakan setelah anakan berumur dua minggu.

Cara Pemindahan anakan lele :
- Mengurangi air di sarang pemijahan hingga tinggi air berkisar antara 10 cm sampai 20 cm
- Menyiapkan tempat penampungan ( baskom atau ember ) yang telah diisi air dari kolam pemijahan
- Samakan suhu kolam anakan dengan suhu kolam pemijahan
- Pindahkan anakan dari kolam pemijahan menggunakan cawan atau piring
- Kemudian pindahkan anakan ke kolam pendederan dengan hati – hati pada maalm hari, karena masih rentang terhadap tingginya suhu air

2. Pembudidayaan

Proses pembudidayaan adalah proses pembesaran bibit lele hingga berukuran siap jual berkisar antara 5 cm hingga 12 cm. Setelah anakan dipisahkan ke dalam kolam pendederan, usahakan kolam diberikan pelindung dari tingginya suhu. Biasanya dapat menggunakan penutup plastic atau menggunakan tanaman enceng gondok sebagai tanaman pelindung.

Selain pengaturan suhu kolam, dalam proses pendederan anakan ikan lele sudah boleh diberikan makan. Bisa berupa pakan alami seperti jentik jentik, kutu air, cacing kecil atau plankton yang dapat diberikan saat anakan lele berumur kurang dari 3- 4 hari. Setelah berumur 3 – 4 hari, anakan lele diperbolehkan diberikan makanan buatan dengan kadar protein serta nutrisi yang cukup tinggi. Dengan menambahkan POC NASA yang mengandung mineral penting serta protein dengan dosis  1 – 2 cc / kg pakan yang telah dicampuri sedikit air.

Untuk hasil maksimal, seekor lele dapat dipanen setelah umur 6 hingga 8 bulan. Namun kurang dari waktu tersebut, lele telah dapat dipanen jika beretnya telah mencapai 200 gram per ekor. Cara sukses dengan bisnis budidaya lele, dapat dijadikan sebagai salah contoh satu peluang usaha yang menjanjikan.

Salam sukses..

(http://bisnisukm.com/cara-sukses-dengan-bisnis-budidaya-lele.html)

Read More..  

Link Sahabat

Tempat ini saya khususkan untuk menampung permintaan kalian para sahabat "Kenanga Baru" yang ingin bertukar link. Bagi kalian yang ingin bertukar link dengan blog ini, harap terlebih dahulu memasang link blog ini di blog sobat. Lalu memberitahu saya melalui kotak komentar dibawah ini. Saya akan secepatnya memasang balik link blog sobat.
Bagi yang ingin bertukar banner, copy paste kode bannerku dibawah ini:





Terima kasih

Link Sahabat "Kenanga Baru" :


Banner Sahabat "Kenanga Baru" :

Desah Kian Dera
Penghuni 60
Download Mp3 Free

Taman, Tanaman, Bibit, Biji, Harga, Landscsping, Batu Alam, Stone, Price List, Pupuk, Garden Tool, mesin potong rumput, Jasa Perawatan Taman, Lapangan sepak bola, Indoor Plant, Rental Tanaman Hias
Read More..